TABLE OF CONTENT
TABLE OF CONTENT
- LATAR
BELAKANG
- RUANG
LINGKUP PROYEK SISTEM
2.1
Major Software Requirement
2.2
Deliverables
2.3
Minimum Hardware Requirement
- ANALISA
KEBUTUHAN
3.1 Analisa
Content
3.2 Analisa
Pengguna
3.3 Fungsi
Perangkat Lunak
3.4 Analisa
Kebutuhan Antar Muka Eksternal
- ASUMSI, KEBERGANTUNGAN, dan KENDALA-KENDALA PROYEK
SISTEM
- PROSES PELAKSANAAN LINGKUP PEKERJAAN &
METODOLOGI PELAKSANAANNYA
- PROSES ESKALASI
- USULAN FUNCTIONAL SUPPORT ORGANIZATION
7.1. Timeline Pengerjaan
Proyek
7.2. Anggaran Dana Proyek
8. PENUTUP
LAMPIRAN 1
TIMELINE
PENGERJAAN PROYEK
LAMPIRAN 2
ANGGARAN DANA KEGIATAN
1.
Latar
Belakang
Multimedia pembelajaran
interaktif berbasis komputer merupakan kolaborasi antara aplikasi teknologi
informasi dengan unsur pendidikan.
Multimedia pembelajaran interaktif telah menjadi trend yang diminati saat ini
karena memberikan kemudahan kepada siswa dalam memahami pelajaran.
Pembelajaran
interaktif memiliki banyak kuntungan dalam proses dan hasil pembelajaran :
- Meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran, memberikan variasi
terhadap pola konvensional.
- Meningkatkan motivasi dan daya dorong untuk terus belajar sesuai
dengan alur program yang ditawarkan.
- Dapat digunakan untuk pembelajaran secara individual, tidak
terbatas pada ruang kelas, dapat digunakan dimana saja.
- Mengakomodasi keberagaman kemampuan siswa antara lower, middle dan
higher.
- Dengan kemampuan multimedia yang meliputi unsur video, animasi,
sound, gambar dan teks menjadikan pembelajaran interaktif menjadi lebih
hidup, dan tidak membosankan bagi siswa.
- Sesuai riset yang dilakukan oleh banyak ahli, pembelajaran
interaktif secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara
kulitas dan kuantitas.
Proposal ini adalah
sebagai dokumen penawaran CV. MEDIA INFORMASI NUSANTARA yang berisi usulan
solusi pengembangan Aplikasi CD
Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer.
Tahap
pengembangan aplikasi mengikuti tahapan dalam pengembangan perangkat lunak
secara iterative dan incremental yang terdiri atas :
-
Requirement
kebutuhan sistem
-
Analisa
sistem
-
Desain
sistem
-
Testing
sistem dan quality control
-
Integrasi
perancangan sistem
CV. MEDIA INFORMASI
NUSANTARA adalah suatu perusahaan komanditer yang bergerak di bidang TI
(Teknologi Informasi ) dan Multimedia yang melakukan pembuatan, antara lain Sistem informasi berbasis web dan Aplikasi presentasi
berbasis multimedia
2.
Ruang
Lingkup Proyek Sistem
2.1
Major Software
Requirement
Suatu CD Multimedia Pembelajaran
Interaktif Seri Pengenalan Komputer yang informatif,
animatif dan interaktif, meliputi :
·
Video Tutorial
Interaktif
o
Modul
Pengenalan Komputer (Hardware)
o
Modul
Pengenalan Sistem Operasi (Microsoft Windows XP)
o
Modul
Pengolahan Kata (Microsoft Office Word 2003)
o
Modul
Pengolahan Data (Microsoft Office Excel 2003)
o
Modul
Lembar Presentasi (Microsoft Office PowerPoint 2003)
o
Modul
Pengenalan Internet
o
Modul
Belajar Menggambar dengan Komputer (Microsoft Paint)
o
Modul
Belajar Desain Grafis (Adobe Photoshop 7)
·
Kamus Istilah
Komputer
·
Latihan
Mandiri Interaktif
·
Profil
2.2
Deliverables
3 Master CD
Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer.
2.3
Minimum
Hardware Requirement
Agar mencapai hasil yang
semaksimal mungkin maka perangkat lunak ini dapat digunakan pada komputer
dengan spesifikasi minimal sebagai berikut :
Processor
Pentium III 800
RAM 128
Mb
VGA card 32 Mb
3. ANALISA
KEBUTUHAN
3.1
Analisa Content
Informasi dari CD
Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer yang akan disampaikan secara umum, terdiri dari :
4
Tombol menu
Video Tutorial Interaktif, Kamus Istilah Komputer, Latihan Mandiri Interaktif dan
Profil.
4
Tombol
Navigasi animasi.
4
Tombol
Volume yang dapat mengatur besar kecilnya backsound.
4
Tombol
Exit yang berfungsi untuk menutup aplikasi atau keluar dari program.
3.2
Analisa Pengguna
Pengguna
dari CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan
Komputer ini adalah untuk semua kalangan mulai dari
Anak SMP, SMA, mahasiswa dan Umum.
3.3
Fungsi Perangkat Lunak
Aplikasi CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan
Komputer ini direpresentasikan melalui 3 media penyampaian Informasi yaitu gambar, suara, dan animasi.
3.4
Analisa Kebutuhan Antar Muka
Eksternal
·
Antar muka pengguna,
menggunakan tombol menu dan tombol navigasi untuk memudahkan pergantian slide
atau animasi. Tombol volume dan tombol exit
·
Antar muka perangkat lunak,
menggunakan Adobe Photoshop untuk desainnya dan Macromedia Flash 8 serta
SwishMax untuk animasinya.
4.
ASUMSI, KEBERGANTUNGAN, dan KENDALA-KENDALA PROYEK SISTEM
Sistem yang direncanakan ini akan mengikuti
kendala-kendala yang telah ditetapkan oleh manajemen dan oleh
peraturan-peraturan diluar organisasi yang mengikat. Kendala-kendala ini
meliputi penggunaan dana dan lamanya pengembangan yang ada sebagai berikut ini:
1.
Dana
Besarnya dana yang disediakan untuk pembuatan aplikasi
ini berdasarkan dari requirement dan hasil kesepakatan antara pihak PT. Prima
Softindo sebagai customer dan CV MEDIA INFORMASI NUSANTARA sebagai developer
2.
Waktu
Waktu pengerjaan dari pembuatan aplikasi ini disesuaikan
dengan hasil kesepakatan antara pihak PT. Prima Softindo sebagai customer dan
CV MEDIA INFORMASI NUSANTARA sebagai developer.
5. PROSES
PELAKSANAAN LINGKUP PEKERJAAN & METODOLOGI PELAKSANAANNYA
Dalam pelaksanaan pekerjaan CD Multimedia Pembelajaran
Interaktif Seri Pengenalan Komputer, CV MEDIA INFORMASI NUSANTARA menerapkan teknik iterative dan incremental dalam pengembangan perangkat lunak yang merupakan
pendekatan best practice terkini.
Metode ini kami gunakan sebagai
panduan yang membantu proses produksi software yang berkualitas tinggi yang
memenuhi kebutuhan end user, sesuai jadwal dan anggaran yang ditetapkan.
6.
PROSES ESKALASI
Pelaporan
masalah atau service request disampaikan kepada CV MEDIA INFORMASI NUSANTARA
melalui telepon atau email. Pelaporan perkembangan dan design, kami laksanakan
tiap 1 minggu sekali atau berdasarkan permintaan pihak customer dalam hal ini pihak
PT. Prima Softindo.
Layanan dukungan pasca
pengembangan CD Multimedia Pembelajaran Interaktif
Seri Pengenalan Komputer kami lakukan selama 1 bulan pertama setelah serah
terima Aplikasi .
7. USULAN
FUNCTIONAL SUPPORT ORGANIZATION
Dalam menunjang lingkup
pekerjaan pengembangan Aplikasi CD
Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer untuk menjamin
reliability, availibility dan stability sistem, kami mengusulkan timeline
pengerjaan proyek dan anggaran dana sebagai berikut ini :
7.1
Timeline
Pengerjaan Proyek
Deskripsi Kerja
|
Desember 2007
|
Januari 2008
|
||||||||||||||||||||
7
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
31
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
Pendefinisian User requirment
dan administrasi.
|
||||||||||||||||||||||
2.
Analisa
content,
Perancangan
Model dan Desain aplikasi
|
||||||||||||||||||||||
3.
Desain
background, content
|
||||||||||||||||||||||
4.
User
Acceptance test Analisa Content awal
|
||||||||||||||||||||||
5.
Pembuatan
animasi model content
|
||||||||||||||||||||||
6.
Pengintegrasian animasi
dan content.
|
||||||||||||||||||||||
7.
Testing
|
||||||||||||||||||||||
8.
User
Acceptance test dan Final Testing
|
||||||||||||||||||||||
9.
Revisi
|
||||||||||||||||||||||
10.
Penyerahan
Produk
|
||||||||||||||||||||||
7.2
Anggaran
Dana Proyek
Anggaran Pembuatan Aplikasi + Content
|
Rp. 10.000.000,00
|
PPN 10 %
|
Rp.
1.000.000,00
|
Total Anggaran
|
Rp 11.000.000,00
|
PENUTUP
Dengan mengucapkan segala puji kehadirat Tuhan Yang Maha
Esa, demikianlah proposal Proyek Pembuatan CD Multimedia Pembelajaran
Interaktif Seri Pengenalan Komputer.
Pada akhirnya segala sesuatu yang telah direncanakan tidak dapat berjalan
dengan baik tanpa kerjasama dan kerja keras dari semua pihak. Semoga
pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana.
Atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.
0 komentar:
Posting Komentar