Kamis, 10 Januari 2013

Contoh proposal Cd interaktif seri pengenalan komputer

TABLE OF CONTENT

      TABLE OF CONTENT       
  1. LATAR BELAKANG            
  2. RUANG LINGKUP PROYEK SISTEM
2.1   Major Software Requirement
2.2   Deliverables
2.3   Minimum Hardware Requirement
  1. ANALISA KEBUTUHAN 
3.1   Analisa Content
3.2   Analisa Pengguna
3.3   Fungsi Perangkat Lunak
3.4   Analisa Kebutuhan Antar Muka Eksternal                
  1. ASUMSI, KEBERGANTUNGAN, dan KENDALA-KENDALA PROYEK SISTEM
  2. PROSES PELAKSANAAN LINGKUP PEKERJAAN & METODOLOGI  PELAKSANAANNYA
  3. PROSES ESKALASI
  4. USULAN FUNCTIONAL SUPPORT  ORGANIZATION
7.1.   Timeline Pengerjaan Proyek
7.2.   Anggaran Dana Proyek
8.   PENUTUP

LAMPIRAN 1
      TIMELINE PENGERJAAN PROYEK                                                               
LAMPIRAN 2
      ANGGARAN DANA KEGIATAN 





1.   Latar Belakang

Multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer merupakan kolaborasi antara aplikasi teknologi informasi  dengan unsur pendidikan. Multimedia pembelajaran interaktif telah menjadi trend yang diminati saat ini karena memberikan kemudahan kepada siswa dalam memahami pelajaran.

Pembelajaran interaktif memiliki banyak kuntungan dalam proses dan hasil pembelajaran :
  • Meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran, memberikan variasi terhadap pola konvensional.
  • Meningkatkan motivasi dan daya dorong untuk terus belajar sesuai dengan alur program yang ditawarkan.
  • Dapat digunakan untuk pembelajaran secara individual, tidak terbatas pada ruang kelas, dapat digunakan dimana saja.
  • Mengakomodasi keberagaman kemampuan siswa antara lower, middle dan higher.
  • Dengan kemampuan multimedia yang meliputi unsur video, animasi, sound, gambar dan teks menjadikan pembelajaran interaktif menjadi lebih hidup, dan tidak membosankan bagi siswa.
  • Sesuai riset yang dilakukan oleh banyak ahli, pembelajaran interaktif secara signifikan mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara kulitas dan kuantitas.
Proposal ini adalah sebagai dokumen penawaran CV. MEDIA INFORMASI NUSANTARA yang berisi usulan solusi pengembangan Aplikasi CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer.

Tahap pengembangan aplikasi mengikuti tahapan dalam pengembangan perangkat lunak secara iterative dan incremental  yang terdiri atas :
-           Requirement kebutuhan sistem
-           Analisa sistem
-           Desain sistem
-           Testing sistem dan quality control
-           Integrasi perancangan sistem

CV. MEDIA INFORMASI NUSANTARA adalah suatu perusahaan komanditer yang bergerak di bidang TI (Teknologi Informasi ) dan Multimedia yang melakukan pembuatan, antara lain Sistem informasi berbasis web dan Aplikasi presentasi berbasis multimedia


2.   Ruang Lingkup Proyek Sistem

2.1         Major Software Requirement
Suatu CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer yang informatif, animatif dan interaktif, meliputi :
·           Video Tutorial Interaktif
o   Modul Pengenalan Komputer (Hardware)
o   Modul Pengenalan Sistem Operasi (Microsoft Windows XP)
o   Modul Pengolahan Kata (Microsoft Office Word 2003)
o   Modul Pengolahan Data (Microsoft Office Excel 2003)
o   Modul Lembar Presentasi (Microsoft Office PowerPoint 2003)
o   Modul Pengenalan Internet
o   Modul Belajar Menggambar dengan Komputer (Microsoft Paint)
o   Modul Belajar Desain Grafis (Adobe Photoshop 7)
·           Kamus Istilah Komputer
·           Latihan Mandiri Interaktif
·           Profil

2.2         Deliverables
3  Master CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer.



2.3         Minimum Hardware Requirement
Agar mencapai hasil yang semaksimal mungkin maka perangkat lunak ini dapat digunakan pada komputer dengan spesifikasi minimal sebagai berikut :
*            Processor Pentium III 800
*            RAM 128 Mb
*            VGA card 32 Mb



3.   ANALISA KEBUTUHAN     

3.1         Analisa Content
Informasi dari CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer yang akan disampaikan secara umum, terdiri dari :
4     Tombol menu Video Tutorial Interaktif, Kamus Istilah Komputer, Latihan Mandiri Interaktif dan Profil.
4     Tombol Navigasi animasi.
4     Tombol Volume yang dapat mengatur besar kecilnya backsound.
4     Tombol Exit yang berfungsi untuk menutup aplikasi atau keluar dari program.

3.2         Analisa Pengguna
Pengguna dari CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer ini adalah untuk semua kalangan mulai dari Anak SMP, SMA, mahasiswa dan Umum.
3.3         Fungsi Perangkat Lunak
Aplikasi CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer ini direpresentasikan melalui 3 media penyampaian Informasi yaitu gambar, suara, dan animasi.


3.4         Analisa Kebutuhan Antar Muka Eksternal
·           Antar muka pengguna, menggunakan tombol menu dan tombol navigasi untuk memudahkan pergantian slide atau animasi. Tombol volume dan tombol exit
·           Antar muka perangkat lunak, menggunakan Adobe Photoshop untuk desainnya dan Macromedia Flash 8 serta SwishMax untuk animasinya.

4. ASUMSI, KEBERGANTUNGAN, dan KENDALA-KENDALA PROYEK SISTEM 

Sistem yang direncanakan ini akan mengikuti kendala-kendala yang telah ditetapkan oleh manajemen dan oleh peraturan-peraturan diluar organisasi yang mengikat. Kendala-kendala ini meliputi penggunaan dana dan lamanya pengembangan yang ada sebagai berikut ini:
1.         Dana
Besarnya dana yang disediakan untuk pembuatan aplikasi ini berdasarkan dari requirement dan hasil kesepakatan antara pihak PT. Prima Softindo sebagai customer dan CV MEDIA INFORMASI NUSANTARA sebagai developer
2.         Waktu 
Waktu pengerjaan dari pembuatan aplikasi ini disesuaikan dengan hasil kesepakatan antara pihak PT. Prima Softindo sebagai customer dan CV MEDIA INFORMASI NUSANTARA sebagai developer.


5.  PROSES PELAKSANAAN LINGKUP PEKERJAAN & METODOLOGI PELAKSANAANNYA

Dalam pelaksanaan pekerjaan CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer, CV MEDIA INFORMASI NUSANTARA menerapkan teknik iterative dan incremental dalam pengembangan perangkat lunak yang merupakan pendekatan best practice terkini.

Metode ini kami gunakan sebagai panduan yang membantu proses produksi software yang berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan end user, sesuai jadwal dan anggaran yang ditetapkan.

6. PROSES ESKALASI

Pelaporan masalah atau service request disampaikan kepada CV MEDIA INFORMASI NUSANTARA melalui telepon atau email. Pelaporan perkembangan dan design, kami laksanakan tiap 1 minggu sekali atau berdasarkan permintaan pihak customer dalam hal ini pihak PT. Prima Softindo.

Layanan dukungan pasca pengembangan CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer kami lakukan selama 1 bulan pertama setelah serah terima Aplikasi .

7.   USULAN FUNCTIONAL SUPPORT ORGANIZATION   

Dalam menunjang lingkup pekerjaan pengembangan Aplikasi CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer untuk menjamin reliability, availibility dan stability sistem, kami mengusulkan timeline pengerjaan proyek dan anggaran dana sebagai berikut ini :

7.1             Timeline Pengerjaan Proyek

Deskripsi Kerja
Desember 2007
Januari 2008
7
10
11
12
13
14
17
18
19
20
21
24
25
26
27
28
31
1
2
3
4
1.
Pendefinisian User requirment dan administrasi.





















2.
Analisa content,
Perancangan Model dan Desain aplikasi





















3.
Desain background, content





















4.
User Acceptance test Analisa Content awal





















5.
Pembuatan animasi model content  





















6.
Pengintegrasian  animasi  dan content.





















7.
Testing





















8.
User Acceptance test dan Final Testing





















9.
Revisi





















10.
Penyerahan Produk


























7.2             Anggaran Dana Proyek 



Anggaran Pembuatan Aplikasi + Content
  Rp.  10.000.000,00
PPN 10 %
  Rp.    1.000.000,00


Total Anggaran
  Rp   11.000.000,00






PENUTUP

Dengan mengucapkan segala puji kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, demikianlah proposal Proyek Pembuatan CD Multimedia Pembelajaran Interaktif Seri Pengenalan Komputer. Pada akhirnya segala sesuatu yang telah direncanakan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa kerjasama dan kerja keras dari semua pihak. Semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan kami ucapkan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar